Senin, 18 Januari 2016

PRASANGKA, DISKRIMINASI, DAN ETNOSENTRISME

PRASANGKA, DISKRIMINASI, DAN ETNOSENTRISME


  
  1.  Perbedaan Prasangka dan Diskriminasi 
a.    Prasangka
Prasangka adalah sifat negatif terhadap sesuatu. Walaupun dapat kita garis bawahi bahwa prasangkadapat juga dalamdalam pengertian positf. Namun demikian belum jelas benar ciri-ciri kepribadian mana yang membuat seseorang mudah berprasangka. Dalam artian lainnya prasangkaa diungkapkan oleh beberapa ilmuwan sebagai berikut :
-       Menurut Worchel dan kawan-kawan (2000) pengertian prasangka dibatasi sebagai sifat negatif yang tidak dapat dibenarkan terhadap suatu kelompok dan individu anggotanya.
-      Menurut Kartono, (1981) menguraikan bahwa prasangka merupakan penilaian yang terlampau tergesa-gesa, berdasarkan generalisasi yang terlampau cepat, sifatnya berat sebelah dan dibarengi tindakan yang menyederhanakan suatu realitas.

b.    Diskriminasi
Diskriminasi merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu, di mana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu tersebut. Diskriminasi merupakan suatu kejadian yang biasa dijumpai dalam masyarakat manusia, ini disebabkan karena kecenderungan manusian untuk membeda-bedakan yang lain.

Contohnya Prasangka diskriminasi ras yang berkembang di kawasan Afrika Selatan dan sekitarnya membuat kawasan ini selalu bergolak. Konflik-konflik antarsuku, antar ras tak dapat dihindarkan. Lebih jauh antara kelompok minoritas kulit putih dengan kekuasaan dan kekuatan bersenjata yang lebih tangguh, saling baku bantam dengan kelompok mayoritas orang­orang Kalil hitam. Tindak kekerasan di Afrika Selatan jelas-jelas merupakan manifestasi dari pertentangan sosial yang berlarur-larut.

  2.  Penyebab Terjadinya Prasangka dan Diskriminasi

Terjadinya prasangka dan diskriminasi tentunya punya sebab tersendiri. Bukan semata-semata terjadi secara instan. Berikut beberapa penyebab timbulnya prasangka dan diskriminasi,yaitu :
-      Karena sejarah
-      Perkembangan sosio-kultural dan situasional
-      Faktor kepribadian
-      Perbedaan keyakinan,kepercayaan,agama

  3.  Upaya Penanggulangan Prasangka dan Diskriminasi

Dari beberapa penyebab itu,terdapatlah beberapa upaya guna mengurangi/menghilangkan prasangka dan diskriminasi,yaitu :
·        Perbaikan kondisi social ekonomi
·        Perluasan kesempatan belajar
·        Sikap terbuka dan sikap lapang

  4.  Etnosentrisme

Etnosentrisme adalah persepsi yang dimiliki oleh individu yang menganggap bahwa budayanya adalah yang terbaik diantara budaya-budaya yang dimiliki oleh orang lain. Dampak negatif yang lebih luas dari sikap etnosentrisme antara lain:
  v Mengurangi keobjektifan ilmu pengetahuan
  v Menghambat pertukaran budaya
  v Menghambat proses asimilasi kelompok yang berbeda
  v Memacu timbulnya konflik sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar