Selasa, 15 November 2016

INOVASI DALAM PERKULIAHAN



Pendahuluan
Pendidikan semakin hari semakin berkembang. Tidak hanya di lini sekolah menengah tapi juga merembet ke perkuliahan. Dalam perkuliahan sendiri mahasiswa dituntut untuk mandiri dalam menjalankan berbagai macam mata kuliah yang ada sesuai SKS yang berlaku.
Seorang mahasiswa membutuhkan suatu alat atau bantuan untuk mengerjakan tugas – tugas yang ia miliki. Demi memudahkan serta memperlancar tujuan itu maka dibutuhkan inovasi – inovasi baru agar kehidupan perkuliahan dapat berjalan lebih lancer, efisien waktu, serta tidak membuang banyak tenaga.

            1.       Rumusan Masalah
Apa saja inovasi – inovasi di sektar kita untuk memudahkan kita dalam menjalani kehidupan perkuliahan ?

            2.       Tujuan
Mengetahui inovasi – inovasi apa saja yang ada disekitar kita yang memudahkan kita untuk menjalani kehidupan perkuliahan .

PEMBAHASAN
inovasi sebenarnya sangat banyak yang tampak di sekitar kita namun kurang kita sadari. Dalam kehidupan perkuliahan pun juga sama, tanpa kita sadari sebenarnya kita telah dipermudah dengan berbagai inovasi – inovasi terkini yang memudahkan kita untuk menjalani perkuliahan. Kali ini akan dikupas 2 contoh inovasi dari sekian inovasi yang ada khususnya di perkulihan :
           
            1)      Ojek Online
Bagi kalian yang memiliki kendala rumah yang jauh dari kampus membuat kita harus berangkat pagi untuk mencari angkutan – angkutan umum yang kearah kampus kita. Belum lagi di dalam angkutan umum tersebut memiliki kondisi yang kurang nyaman serta walaupun kita sudah pagi – pagi pun masih saja telat karena aksi ngetem supir angkutan umum tersebut.
Maka dari keluhan itu semua beberapa kelompok berinovasi unutk menjawab kebutuhan konsumen salah satunya dengan ojek online. Dengan menggunakan ojek online kita bisa mengetahui jarak kita dengan tujuan kita, dapat juga mencari driver mana yang ada di dekat sekitaran rumah atau kos – kosan kita. Denga kehadiran ojek online maka memudahkan kita untuk pergi ke kampus menggunakan sepeda motor layaknya ojek konvensional.
Kita tidak perlu jalan ke pangkalan ojek namun hanya perlu mendownload aplikasi ojek online, melakukan pemesanan via online dan driver ojek pun datang menjemput kita. Penggunaan ini memungkikan kita untuk datang ke kampus lebih cepat karena tidak perlu ngetem, menghemat waktu dan biaya. Walaupun ada sisi negative seperti jika hujan turun maka harus berteduh dan semacamnya. Namun tak bisa dipungkiri bahwa kehadiran ojek online sangat memudahkan mahasiswa untuk sampat ke kampus yang dituju.

            2)      Vclass
Atau yang lebih kerennya virtual class. Mungkin hanya ad di kampus saya Universitas Gunadarma. Yaitu suatu program dari pihak kampus sebagai pengganti jika dosen tidak dapat hadir dalam waktu tertentu. Meski seperti itu tidak semua dosen memiliki hak menggunakan vclass. Bagi saya vclass sangat membantu dalam mengurangi beban perkuliahan. Mengapa demikian, karena kita tidak perlu hadir di kelas. Dalam vclass sendiri kita akan diberikan oleh dosen yang bersangkutan untuk dikerjakan di dalam vclass tersebut dengan jangka waktu tertentu.

KESIMPULAN
Karena teknologi terus berkembang maka inovasi – inovasi pun terus bermunculan termasuk dalam perkuliahan.  Jika kita memiliki masalah jarak yang jauh dan membutuhkan waktu yang cepat maka ojek online adalah solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Jika kalian mahasiswa Universitas Gunadarma, kalian akan dimanjakan dengan program vclass karena ketika dosen yang bersangkutan tidak hadir maka bisa digantikan dengan vclass yang notabennya tidak membuang banyak waktu dan bisa dikerjakan di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar