Selasa, 01 November 2016

INOVASI PEMBELIAN TIKET TRANSPORTASI DULU DAN KINI






OLEH :

FACHRURROZY R
2KA09
13115333


UNIVERSITAS GUNADARMA
SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI



KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat, hidayah, dan karuniaNya lah makalah "Inovasi Pembelian Tiket Transportasi Dulu dan Kini " dapat selesai dengan lancar. Makalah ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada para pembaca yang gemar mencari informasi dan sebagai bentuk tugas dari mata kuliah Inovasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Modern dengan dosen bapak Andreas Hadiyono.
Penulisan dan penyusunan makalah ini merupakan hasil susunan data yang di dapat dari internet dan pendapat dari pengalaman penulis.Diharapkan makalah ini dapat memenuhi tujuan diatas yaitu sebagai penambah wawasan bagi para pembaca semua.
Makalah ini jauh dari kata sempurna, maka dari itu saya pribadi memerlukan saran dan kritik para pembaca agar makalah ini dan informasi - informasi selanjutnya dapat disusun lebih baik lagi dan.

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB 1             PENDAHULUAN
                1.1   Latar belakang
                1,2   Rumusan masalah

BAB 2             PEMBAHASAN   
                2.1   Inovasi dalam pembelian tiket
                2,2   Pengaruh dari adanya inovasi pembelian tiket transportasi
                2.3   Dampak positif dan negatif dari inovasi peembelian tiket transportasi

BAB 3             PENUTUP
               3.1    Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1   Latar belakang

Perkembangan arus teknologi tiap hari tiap berkembang bahkan ada yang berpendapat bahwa teknologi berkembang setiap detiknya. Perkembangan dari teknologi ini memudahkan manusia dalam melancarkan urusan mereka.
Perkembangan teknologi yang pesat ini tidak bisa dilepaskan dari berbagai masalah – masalah yang ada, karena jika suatu masalah tidak bisa diselesaikan dengan cara yang sudah ada maka perlu adanya jawaban baru dalam menyelesaikan masalah tersebut dan jawaban baru tersebut disebut dengan inovasi.
Inovasi – inovasi teknologi yang berkembang di masyarakat semakin memudahkan masyarakat dalam menjalani kehidupannya sehari – hari contohny adalah dalam hal pembelian tiket transportasi.
Perkembangan teknologi dalam hal pembelian tiket transportasi sangatlah menguntungkan masyarakat. Sebelum kita mengenal tiket online atau semacamnya, calon penumpang harus membeli tiket langsung di loket – loket yang sudah tersedia, menghubungi agen – agen travel yang memiliki bisnis penjualan tiket atau menghubungi pihak badan transportasi tersebut melalui telepon/
Tetapi seiring perkembangan teknologi kita tidak perlu datang ke tempat penjualan tiket secara langsung ( on the spot ) atau menyewa agen travel tersebut. Dengan smartphone yang kita miliki, kita hanya perlu mendownload  aplikasi penyedia tiket lalu memesan tiket tersebut melalui aplikasi yang sudah kita download. cara ini sangat efisien dan tidak membuang waktu, tenaga, dan biaya tambahan jika kita memesan secara on the spot.

1.2   Rumusan Masalah
1.     Inovasi apa saja yang berkembang dalam pembelian tiket ?
2.     Pengaruh apa yang dihasilkan dari inovasi tersebut ?
3.     Bagaimana dampak positif dan negative nya ?


BAB II
PEMBAHASAN

Inovasi merupakan setiap ide atau pun gagasan baru yang belum pernah ada atau pun diterbitkan sebelumnya. Sebuah inovasi biasanya berisi terobosan-terobosan baru mengenai sebuah hal yang diteliti oleh sang inovator (orang yang membuat inovasi). Inovasi biasanya sengaja dibuat oleh sang inovator melalui berbagai macam aksi atau pun penelitian yang terencana.
          Sesuatu hal yang inovatif haruslah bermanfaat bagi sang inovator atau orang lain. Inovasi dapat terjadi karena disengaja ( invention ) misalnya kita membutuhkan suata hal A maka perlulah dicari inovasi untuk menyelesaikan masalah tersebut dan juga inovasi dapat terjadi karena tidak disegahja misalnya kita tidak sengaja menemukan alat untuk memecahkan masalah A tanpa kita rencanakan.
Invention adalah proses munculnya suatu hal baru dari kombinasi hal-hal lama yang telah ada. Sedangkan, discovery adalah penemuan hal baru, baik berupa alat ataupun gagasan. Discovery dapat menjadi invention jika masyarakat sudah mengakui, menerima, dan memanfaatkan hasil inovasi tersebut.
          Ciri – ciri dari inovasi antara lain :
  1)     Mempunyai ciri khas artinya sebuah inovasi mempunyai ciri yang khas dalam setiap aspeknya, entah itu program, ide atau gagasan, tatanan, sistem dan kemungkinan hasil yang baik sesuai yg diharapkan.
  2)     Mempunyai ciri atau unsur kebaruan, artinya adalah suatu inovasi harus mempunyai sebuah karakteristik sebagai suatu karya dan buah pemikiran yang mempunyai ke originalan & kebaruan.
   3)     Program inovasi dilakukan lewat program yang terencana, artinya bahwa sebuah inovasi dilakukan lewat bentuk proses yang tidak tergesa-gesa, tapi dipersiapkan dengan matang, jelas dan direncanakan terlebih dahulu.
  4)     Sebuah Inovasi yang diluncurkan mempunyai tujuan, suatu program inovasi yang dilakukan harus mempunyai arah kemana tujuannya dan target yang ingin dicapai.

2.1 Inovasi Dalam Pembelian Tiket

Umumnya kita perlu membeli tiket transportasi di loket – loket yang telah disediakan badan yang berwenang. Tetapi karena jumlah penduduk semakin meningkat serta meningkatnya juga permohonan pemesanan tiket transportasi khususnya pada arus mudik maka dibutuhkanlah suatu inovasi baru agar memudahkan masyarakat untuk mendapatkan tiket transportasi. Inovasi awal yang sangat berkembagn pada saat itu berupa agen – agen penyedia jasa perjelanan atau biro travel. Mereka menyediakan jasa berupa pembelian tiket transportasi, sarana dan prasarana dan sebagainya.
Karena perkembangan teknologi berkembang pesat , maka cara lain pembelian tiket transportasi dapat melalui gadget yang kita punya seperti smartphone dll. Dengan banyaknya aplikasi yang menyediakan jasa pembelia tiket membuat calon penumpang lebih efisien, menghemat waktu, dan menghemat biaya tambahan untuk melakukan pembelian tiket transportasi.



2.2 Pengaruh dari adanya inovasi pembelian tiket transportasi

Jika kita lihat dari pembahasan diatas, inovasi yang telah ditemukan bertujuan sebagai langkah untuk memudahkan, melancarkan, memberikan kenyamanan serta menanamkan keperceyaan kepada konsumen.
Inovasi yang berkembang dalam pembelian tiket transportasi memudahkan masyarakat dalam pembelian tiket. Masyarakat dimudahkan dengan pembelian tiket secara efisien, menghemat waktu, dan biaya. Selain dengan datang langsung ke loket pembelian yang telah tersedia serta agen – agen, masyarakat juga dimudahkan melakukan pembelian tiket melalui gadget mereka.
Pengaruh yang terjadi karena inovasi dengan gadget ini yaitu semakin efisiennya pembelian tiket tanpa harus menghabiskan waktu pergi ke loket – loket yang tersedia. Pengaruh dari inovasi juga berdampak kepada para penyedia jasa via aplikasi. Mereka harus membangun kerjasama yang baik dengan berbagai jasa angkutan transportasi dan juga harus memiliki pelayanan terbaik agar tidak ada konsumen yang merasa dirugikan.

2.3 Dampak positif dan negatif dari inovasi peembelian tiket transportasi

            Dilihat dari inovasi yang ada pasti akan memudahkan masyarakat dalam hal pembelian tiket. Tapi, dari adanya inovasi tersebut maka aka nada efek samping atau efek negatifnya.

     a)     Dampak positif
-         Dalam pembelian tiket secara langsung di loket – loket yang tersedia kita dapat melakukan transaksi langsung, memilih tempat duduk, dan mengisi biodata diri untuk meminimalisir kesalahan data.
-         Melalui agen – agen yang tersedia, pembelian tiket tidak perlu datang ke tempat langsung,  cukup mengisi biodata diri dan tujuan serta tanggal keberangkatan ke agen maka agen akan mengurus pembelian tiket tersebut
-         Pembelian tiket melalui aplikasi yang telah diunduh, pembelian tiket dapat membeli tiket secara langsung kapanpun dan dimanapun. Konsumen juga dapat mengecek informasi transportasi yang digunakan secara up to date dan dapat melakukan pembayaran tiket via bank.

    b)     Dampak negative
-         Pembelian tiket secara langsung di loket – loket yang tersedia membutuhkan waktu yang cukup banyak, energy ekstra ketika adanya antrean panjang, serta kurangnya informasi jika tiket telah habis terjual atau tidak.
-         Dengan agen, kita perlu mendatangi kantor agen penyedia jasa pembelian tket dan jika agen tersebut tutup maka kita tidak dapat melakukan transaksi. Selain itu, kita perlu tahu apakah agen itu terpercaya atau tidak menghindari penipuan pembelian tiket.
-         Jika melakukan pembelian via aplikasi maka konsumen pertama harus memiliki  smartphone. Setelah itu konsumen harus mengunduh aplikasi tersebut. Konsumen juga harus cermat dan teliti dalam mengunduh aplikasi jasa pembelian tiket demi menghindari peretasan data dan juga aksi penipuan yang berujung kerugian bagi pihak konsumen.

BAB III
PENUTUP
3.1   Kesimpulan

Arus perkembangan teknologi kian hari kian berkembang dengan sangat cepat. Karena cepatnya perkembangan teknologi maka mucullah berbagai inovasi – inovasi untuk memudahkan kehidupan masyarakat termasuk dalam hal pembelian tiket. Yang umumnya masyarakat harus membeli tiket secara langsung ditempat sekarang dimudahkan dengan pembelian tiket via aplikasi dari smartphone yang dimiliki. Harus diingat juga bahwa inovasi – inovasi yang ada bahkan yang akan datang pasti berdampak positif dan negative. Maka dari itu, sebagai konsumen harus bisa cermat memilih cara pembelian dan aplikasi yang ada dan terpercaya agar tidak mengalami kerugian.

         
DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar